Tuesday, December 30, 2008

Cara Daftar Paypal

Apa itu Paypal?

Paypal adalah layanan internasional untuk jual beli online. Para marketer yang bergerak di dunia bisnis online dengan product-product digital, paling banyak memanfaatkan layanan semacam ini.


Mungkin anda sudah tak asing dengan e-gold (jika belum bisa silahkan baca di sini tentang egold). E-gold.com menerima jual beli online secara real time, namun dengan hanya memakai mata uang khusus yang kurs-nya sedikit banyak terpengaruh harga emas. Sedangkan jual beli egold itu sendiri disediaan oleh situs-situs lokal lainnya di tiap-tiap negara.
Dengan Paypal, anda tak perlu menukarkan uang untuk membeli produk. Anda bisa berbelanja di semua website yang memakai paypal sebagai pembayarannya, meski harga yang mereka berikan dalam mata uang asing.
Sebaliknya anda juga bisa menjual produk menerimanya dalam Rupiah, meski pembeli anda memakai mata uang asing.
Pada akhir tahun 2006, Paypal telah membuka layanan bagi Indonesia meski saat itu terbatas hanya untuk berbelanja (personal account). Lewat pertengahan tahun 2007 telah dibuka "Premiere Account" dan "Business Account" dengan fasilitas Merchant, disusul tak lama kemudia fasilitas Auction. Terakhir tgl 29 Januari 2008, member Indonesia sudah dapat menguangkan ke bank-bank lokal di Indonesia (http://pages.ebay.ph/bankwithdrawal).
Sampai saat halaman ini ditulis, anda masih memerlukan kartu kredit untuk membuka akun paypal. Di banyak negara lain, sudah bisa dengan hanya mengandalkan akun /rekening di bank. Mudah-mudahan dalam waktu dekat hal ini terjadi pula di Indonesia, sehingga anda yang tak memiliki karti kerdit pun dapat ikut serta.

Apa kelebihan Paypal?

Situs-situs yang menyediakan layanan semacam ini diantaranya :
Alertpay
Safepaysolution
SFIPay
Netpay
Worldpay (limited countries)
dan masih banyak lainnya
Layanan seperti ini umumnya gratis. Fee hanya diambil dari si penerima uang, tapi ada juga yang harus membayar bila sebagai merchant. Tentu yang kita cari adalah :
- jangkauannya luas, hampir tersedia di semua negara
- fee cukup murah
- layanan baik
- kaemanan terjamin
Paypal sudah digunakan secara luas dan mempunyai kredibilitas yang baik, ditambah akun terintegarasi dengan situs lelang terkenal ebay.com
Dan sekarang sudah dapat diuangkan (withdrawl) ke bank-bank lokal di Indonesia!

Bagaimana Mendaftar Paypal?
Klik di sini atau di Paypal.com dan pilih "Sign Up" (paling atas, tengah).

Selanjutnya akan tampil seperti ini :


























Untuk Country : pilih Indonesia

Ada 3 macam account : Personal. Premier dan Business.
Jika ingin mengetahui secara detail bisa klik "Learn More"
Untuk berbisnis (menerima uang secara online lewat paypal), anda perlu minimal account Premier (bisnis pribadi). Account Business adalah untuk perusahaan.
Personal adalah untuk berbelanja secara online, juga bisa mengirim uang secara pribadi ke orang lain, atau menerima uang secara pribadi (dari account paypal ke account paypal lain) tapi bukan lewat website penjualan.

Meskipun anda mendaftar akun personal tetap bisa upgrade kapan saja ke akun Premier atau pun Business. Semua biaya account gratis. Perbedaan hanya pada fee si penerima uang. (Fee bisa dilihat di sini) (https://www.paypal.com/us/cgi-bin/webscr?cmd=_display-fees-outside)

Setelah klik "Start Now" silakan isi form yg ada

Data yang di isi harus sama dengan data anda pada waktu daftar kartu kredit (nama, alamat, telepon).
Untuk password, security question, sama caranya seperti ketika anda membuat email, berguna bila anda lupa password.
Terakhir masukkan character yg muncul di gambar, dan klik "I Agree...".

Nanti anda akan diminta memasukkan:
1. no kartu kredit
2. waktu kedaluarsa/expired kartu
2. 3 digit angka di belakang kartu.

Setelah itu Kartu kredit anda masih perlu diverifikasi keabsahannya. Namun untuk saat ini anda bisa tinggalkan dulu situs Paypal. Status anda masih "unverified".


Verifikasi Paypal
Paypal akan mengirim sedikit uang pada anda (tidak diberitahukan berapa). Jika nanti anda terima laporan (statement) kartu kredit untuk bulan tsb, maka akan tertera deposit pemberian paypal tsb. Misalnya Rp 1.298,- . Selain itu kartu kredit anda juga akan terkena potongan $1.95 USD. Tapi jangan kuatir karena uang $1.95 akan kembali kalau anda verifikasi.
Login ke Paypal dan masukkan 3 digit angka dari uang yg anda dapat dari paypal (yaitu 298).
Selama anda belum masukkan 3 digit tsb maka anda belum bisa gunakan paypal anda untuk belanja.
Jika sudah, Anda akan lihat di member area setiap Login akan tertulis Verified. Jika belum diverifikasi, maka setiap login akan ada pengumuman permintaan verifikasi.

Setelah verifikasi, maka akun anda sudah siap digunakan. Dimanapun anda klik pembayaran online yg menggunakan paypal, anda akan dibawa ke member area untuk login dan klik "Pay". Dan nanti didebet ke kartu kredit anda.


Tidak punya kartu kredit ?
Saat ini tersedia kartu kredit virtual. Untuk pembelian dan keterangannya silakan langsung ke sini . (http://vccindonesia.wordpress.com/)
Update terakhir, bulan Nopember 2008, Paypal sudah menggunakan bahasa Indonesia. Ada pilihan bahasa di sebelah kanan atas dan gambar bendera negara atau langsung ke https://www.paypal.com/id

Silakan mencoba!!



No comments: